Ketahui Cara Mempercepat Haid dengan Mudah Berikut Ini

Sebagai seorang wanita yang sudah mengalami puberstas, apakah masa haidmu lancar di setiap bulannya? Jika iya, berarti organ reproduksimu tidak bermasalah bahkan menandakan bahwa kamu subur. Jika tidak, mari simak cara mempercepat haid berikut ini.

Cara Mempercepat Datangnya Haid dengan Aman

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat haidmu.

1. Kurangi stres 

Penelitian menunjukkan bahwa stres dapat mempengaruhi organ dan kesuburuan reproduksi yang salah satunya adalah haid.

Saat kamu stres, hormon kortisol yang ada di tubuhmu akan meningkat dan menghambat produksi estrogen dan progesteron yang berperan penting menjaga siklus haid yang teratur.

Oleh karena itu, kurangi stres dan tekanan agar siklus haidmu lancar, ya!

2. Menjaga berat badan yang ideal 

Menjaga berat badan agar tetap ideal adalah salah satu cara mempercepat haid yang telat.

Menjaga berat badan ideal artinya menjaga berat badan kamu agar kamu tidak terlalu kurus ataupun gemuk. Hal ini karena berat badan yang tidak ideal akan mempengaruhi proses ovulasi dalam organ reproduksimu. 

Jika proses ovulasi terhambat, makan menstruasi akan menjadi tidak teratur. Untuk mengatasinya, kamu bisa menjaga pola makan yang ideal dan teratur serta memakan banyak buah-buahan seperti nanas sebaga cara mempercepat haid

3. Lakukan olahraga yang teratur 

Dengan melakukan olahraga yang teratur, tubuh kamu akan menjadi sehat dan bisa membuat proses menstruasimu menjadi lancar. Sisihkan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga dengan ringan.

Jika kamu ingin berolahraga dengan lebih berat, hendaknya kamu melakukan rencana olahraga yang matang yakni secara bertahap agar olahraga yang ringan bisa perlahan bisa diganti dengan olahraga yang lebih berat.

4. Gunakan alat KB 

Terdapat beberapa alat kontrasepsi yang bisa digunakan sebagai cara mempercepat haid, salah satunya adalah KB spiral. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pil KB kombinasi sebagai alternatif lainnya. 

Pil KB kombinasi tersebut mengandung progestin dan estrogen yang akan membuat masa haidmu lancar.

5. Berhubungan seks dengan pasanganmu 

Bagi kamu yang sudah menikah, ternyata berhubungan seks bisa digunakan sebagai cara mempercepat haid secara alami, loh!

Saat berhubungan seks dengan penetrasi ataupun tanpa penetrasi bisa membuat rangsangan pada serviks sehingga membuat serviks tersebut melebar.

Ketika serviks melebar karena rangsangan dari seks, hal ini memungkinkan rahim juga berkontraksi untuk membuat ruang kosong untuk meluruhkan lapisannya.

Gejala haid yang kurang atau tidak teratur

Setelah mengetahui cara mempercepat haid, kini mari simak apa saja gejala haid yang tidak teratur, di antaranya:

  1. Siklus atau jumlah jeda hari antar waktu haid selalu berubah-ubah. Contohnya, sebelumnya, kamu menstruasi per 28 hari sekali, namun tiba-tiba berubah menjadi menstruasi per 22 hari.
  2. Volume darah yang dikeluarkan oleh tubuh sangat sedikit dan singkat atau bahkan sebaliknya, yakni sangat banyak dan melebihi 7 hari atau sepekan.
  3. Lamanya waktu menstruasi yang terus berbeda di setiap bulannya.

Namun perlu diingat, tidak teraturnya siklus haid bisa terjadi pada wanita yang baru saja haid untuk pertama kali. Pada umumnya, biasanya membutuhkan waktu hingga 2 tahun agar wanita tersebut memiliki siklus haid yang normal seperti wanita pada umumnya.

Itulah beberapa cara mempercepat haid yang bisa kamu kenali. Sehingga kamu bisa mencegah hal tersebut agar tidak terjadi. Atau jika sudah terjadi, kamu bisa menemukan solusinya dan tidak panik. Semoga informasi bermanfaat bagi kamu, ya!

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*