Jangan Percaya, Menggugurkan Kandungan Dengan Jeruk Nipis Cuma Mitos!

Bagi kamu yang sedang mengandung janin, terdapat beberapa makanan, minuman, atau obat yang memang bisa menggugurkan janinmu. Namun, banyak mitos beredar tentang hal ini, salah satunya adalah menggugurkan kandungan dengan jeruk nipis. Simak penjelasannya berikut!

Menggugurkan Kandungan Dengan Jeruk Nipis, Cuma Mitos Belaka!

Jeruk nipis dipercaya masyarakat bisa menggugurkan kandungan karena mengandung vitamin C yang tinggi yakni 20-30 mg per buahnya.

Namun faktanya, belum ada penelitian resmi hingga saat ini yang membuktikan bahwa mengonsumsi jeruk nipis bisa menggugurkan kandunganmu. Sebuah tinjauan tahun 2016 menemukan bahwa mengonsumsi vitamin c malah memengaruh risiko keguguran.

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis justri membantu melawan peradangan, menurunkan tekanan darah, serta menciptakan kolagen.

Untuk menjaga kandunganmu, setidaknya kamu membutuhkan vitamin C 85-2000 mg per hari. Jadi, mengonsumsi jeruk nipis sewajarnya tidak akan memengaruhi kandunganmu,

Jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, hal tersebut dapat memicu adanya gangguan pencernaan karena vitamin C yang kamu konsumsi secara berlebihan bisa mengiritasi saluran pencernaanmu.

Untuk itu, bijaklah dalam mengonsumsi jeruk nipis atau sumber vitamin C lainnya, ya!

Manfaat Jeruk Nipis

Setelah mengetahui fakta bahwa menggugurkan kandungan dengan jeruk nipis hanyalah mitos belaka, kini mari beralih pada manfaat jeruk nipis untuk tubuhmu. Terdapat beberapa manfaat jeruk nipis yang bisa berguna untuk tubuhmu, di antaranya sebagai berikut.

1. Melancarkan pencernaan 

Salah satu manfaat jeruk nipis adalah membantu melancarkan pencernaan. Dengan pencernaan yang bagus dan lancar di perutmu, kamu akan mendapatkan serapa nutrisi yang lebih banyak untuk kesehatan tubuhmu.

2. Menjaga gula darah pada tubuhmu 

Manfaat jeruk nipis berikutnya adalah dapat membantu menjaga gula darah yang ada di tubuhmu. Gula darah yang berlebih bisa membuat kamu diabetes, loh!

Untuk itu, jeruk nipis akan mengurangi penyerapan gula darah yang berujung akan mengurangi kelaparan. Menarik, bukan?

3. Menaikkan sistem kekebalan tubuh 

Manfaat lain dari jeruk nipis adalah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena vitamin C nya yang cukup tinggi. Dengan memberi tubuh asupan vitamin C yang cukup, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat dengan sendirinya.

Jika sistem kekebalan tubuh sudah meningkat, maka keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah kamu akan kebal dari berbagai macam penyakit.

4. Menaikkan metabolisme lemak pada tubuh

Vitamin C berperan untuk mendukung proses metabolisme di tubuh, salah satunya adalah lemak. Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis akan mengubah lemak tersebut menjadi energi yang bisa bermanfaat bagi tubuhmu, loh!

Bahaya Jeruk Nipis untuk Tubuh

Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka jeruk nipis juga bisa berbahaya bagi tubuhmu, loh! Mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Naiknya asam lambung

Jika dikonsumsi secara berlebihan, kamu akan mengalami naiknya asam lambung pada tubuhmu. Maka dari itu, bagi kamu yang sudah memiliki riwayat masalah asam lambung, cobalah untuk menghindari konsumsi jeruk nipis yang berlebihan agar kamu tetap sehat.

2. Diare 

Konsumsi jeruk nipis yang berlebihan bisa menimbulkan diare bahkan diare akut yang bisa berpengaruh pada kandungan dan ibu hamil.

Selain itu, diare yang kamu alami juga bisa menimbulkan dehidrasi yang bisa membahayakan dirimu dan janin yang ada di kandunganmu.

3. Dapat menyebabkan kram 

Jika kamu mengonsumsi jeruk nipis dalam jumlah yang sangat banyak dan tidak wajar, maka kamu akan mengalami kram perut yang juga bisa berdampak pada janinmu.

Selain itu, kram perut yang disebabkan oleh konsumsi jeruk nipis yang berlebih akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika sudah parah, pergilah ke dokter dan periksakan keluhanmu agar kamu mendapatkan penanganan resmi secara medis dari dokter.

4. Mual (morning sickness

Jika kamu mengalami morning sickness, kamu bisa mengonsumsi jeruk nipis untuk meredakan rasa mual yang kamu alami.

Tetapi perlu diingat bahwa konsumsi jeruk nipis yang berlebih untuk mengatasi morning sickness justru membuat semakin mual dan memicu adanya pembentukan asam lambung.

Itulah penjelasan dari mitos menggugurkan kandungan dengan jeruk nipis. Hendaknya, jika kamu menerima informasi buruk tentang sesuatu, jangan langsung percaya, ya! Kamu bisa menemukan kebenarannya terlebih dahulu dari internet dan website yang terpercaya.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*