CIRI MULAI AKTIFNYA ORGAN REPRODUKSI WANITA DENGAN PERISTIWA UNIK

Menstruasi merupakan ciri dari mulai aktifnya organ reproduksi wanita ditandai dengan peristiwa keluarnya darah pada alat vital seorang wanita yang telah memasuki masa pubertas atau masa subur.

Secara umum, menstruasi pada wanita disebabkan karena adanya nutrisi maupun kesehatan dari wanita masing-masing. Selain itu, faktor lain yang sangat berperan adanya menstruasi adalah karena banyaknya hormon seksual pada wanita.

Untuk mengenali apakah organ reproduksi pada wanita sudah aktif untuk melakukan reproduksi atau tidak, kamu harus mengetahui apa saja penyebab pubertas pada wanita tersebut maupun faktor lain yang mendukung. Untuk itu, simak penjelasan yang tersaji dalam artikel berikut dengan baik:

Mengenal Sistem Reproduksi pada Wanita

Sebelum mengenali ciri dari mulai aktifnya organ reproduksi wanita ditandai dengan adanya peristiwa unik pada masa pubertas, terlebih dahulu penting untuk kamu ketahui yaitu pengenalan tentang sistem reproduksi yang dimiliki seorang wanita.

Secara umum organ atau sistem reproduksi wanita terbagi menjadi bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar sistem reproduksi wanita merupakan vulva atau penutup. Sedangkan di bagian dalam terdapat beberapa organ reproduksi seperti Rahim, vagina, ovarium dan saluran tuba.

Untuk organ reproduksi bagian dalam wanita yaitu vagina, setidaknya memiliki 3 fungsi penting, yaitu:

  • Vagina merupakan tempat untuk dimasukkan penis atau alat vital pria pada saat melakukan aktivitas seksual yaitu hubungan intim.
  • Selain itu, vagina juga merupakan tempat dimana keluarnya darah pada saat menstruasi yang termasuk ciri dari mulai aktifnya organ reproduksi wanita ditandai dengan peristiwa tersebut dan berlangsung selama periode tertentu.
  • Fungsi terakhir dari vagina yaitu sebagai jalan keluar seorang bayi pada saat berlangsungnya proses persalinan yang dilakukan oleh seorang wanita.

Kematangan Seksual pada Wanita

Secara umum, kematangan seksual pada wanita dipengaruhi oleh faktor banyaknya hormon seksual. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui beberapa faktor lain yang berperan penting pada kematangan seksual seorang wanita, seperti berikut:

  • Pemenuhan nutrisi serta kesehatan yang baik pada perempuan usia dini.
  • Secara umum, pubertas pada anak perempuan yang memiliki berat badan melebihi normal akan lebih untuk mengawali masa pubertas, hal tersebut berbeda dengan anak perempuan kurus atau berat badan cenderung kurang.
  • Pubertas akan lebih cepat dirasakan lebih awal pada anak perempuan dengan kulit cenderung hitam, hal tersebut berbeda dengan anak perempuan berkulit putih.
  • Seorang anak perempuan akan mengalami masa pubertas lebih awal karena adanya pengaruh genetik dari seorang ibu.

Perkembangan Seksual pada Wanita

Seorang wanita akan memasuki masa subur yaitu dengan mulai aktifnya organ reproduksi wanita ditandai dengan peristiwa keluarnya darah menstruasi yang terjadi pada usia 11 sampai 16 tahun, dan berlangsung setiap bulan.

Kamu harus mengetahui beberapa perkembangan seksual pada perempuan yang terjadi selama masa pubertas, seperti dibawah ini:

  • Pada kemaluan wanita akan tumbuh rambut

Tumbuhnya rambut pada kemaluan wanita termasuk salah satu perkembangan seksual yang terjadi. Peristiwa tersebut akan dialami seorang anak yang merasakan pubertas pada usia 8 sampai 14 tahun.

  • Payudara semakin membesar

Selain itu, payudara yang semakin membesar termasuk perkembangan seksual pada wanita yang terjadi pada perempuan dengan usia 8 sampai 13 tahun.

  • Akan mengalami menstruasi atau haid pertama

Mulai aktifnya organ reproduksi wanita ditandai dengan peristiwa menstruasi pertama yang terjadi pada masa pubertas seorang anak dan berlangsung dari usia 10 hingga 16 tahun.

  • Bentuk tubuh yang mengalami perubahan

Banyak perubahan yang terjadi pada anak perempuan usia 11 hingga 15 tahun, seperti pinggul bertambah besar. Peristiwa tersebut merupakan salah satu perkembangan seksual yang terjadi pada seorang wanita

Sedikit penjelasan dari artikel mengenai mulai aktifnya organ reproduksi wanita ditandai dengan peristiwa menstruasi pada anak perempuan yang pertama kali merasakan masa pubertas. Bisa memberikan pemahamanan baru untuk kamu, terutama pemahaman tentang kesehatan reproduksi wanita.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*