5 Tips yang Perlu Diterapkan Wanita Karir 

Saat ini, banyak wanita yang memutuskan untuk menjadi wanita karir. Keputusan tersebut dibuat berdasarkan berbagai alasan yang berbeda-beda pada setiap orangnya. Bagi kamu yang berencana untuk menjadi wanita karir atau sedang menjalaninya, simak beberapa tips ini agar kamu bisa tetap menikmati hidup sembari meniti karir impianmu.

1. Pahamilah Bahwa Kamu Pantas Mendapatkannya

Ketika kamu mendapat pujian atas hal yang kamu lakukan di lingkungan kerja dan merasa rendah diri terhadap hal tersebut, kamu sebenarnya tidak mengapresiasi dirimu sendiri. Orang lain seringkali bisa menilai kemampuan yang kamu miliki dengan baik, lho! Sehingga, jika ada orang yang memujimu tentang sesuatu, hal itu bisa berarti kamu memang kompeten.

Kamu sebaiknya tidak membiasakan diri untuk selalu menangkis pujian dari orang lain. Hal ini akan membuatmu semakin berkecil hati dan tidak percaya diri, sehingga dapat menghambat laju karirmu. Mengerikan, bukan? So, tetaplah percaya diri dan yakinlah bahwa kamu pantas mendapatkannya, ya!

2. Ketahuilah Bahwa Perfeksionisme Terkadang Melelahkan

Sebagai wanita karir, kamu perlu memahami beberapa hal yang dapat mempengaruhi produktivitasmu. Salah satu hal yang dapat mengganggu produktivitas adalah perfeksionisme yang berlebihan. Alih-alih memberikan kepuasan, perfeksionisme dapat menghambat pencapaian dan bisa menyebabkan seseorang menderita depresi dan rasa cemas, lho!

Oleh karena itu, sebagai wanita karir yang profesional, kamu perlu untuk menerima bahwa tidak semua hal membutuhkan hasil yang sempurna. Bahkan, di dalam banyak kasus, pekerjaan yang selesai lebih baik daripada pekerjaan yang sempurna.

3. Lakukan Pendelegasian

Banyak wanita karir yang merasa kelelahan bekerja akibat memikul banyak pekerjaan dan bekerja keras untuk hal tersebut sendirian. Hal ini dikarenakan mereka tidak percaya orang lain bisa menyelesaikan tugas tersebut secermat yang mereka lakukan. Apabila dilakukan dalam jangka waktu yang lama, hal ini dapat menjadi bumerang bagi diri sendiri, lho!

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menghemat waktu dengan cara mendelegasikan tugas-tugas yang dapat dilakukan oleh orang lain. Kamu bisa melatih dan membuat mereka beradaptasi terlebih dahulu, sehingga mereka bisa menghasilkan pekerjaan yang mirip dengan hasil kerjamu.

Pendelegasian ini bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Cara yang umum dilakukan oleh wanita karir untuk mendelegasikan tugasnya adalah dengan membuka lowongan pekerjaan baru yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa freelancer yang tersedia di berbagai platform.

4. Berani Berkata “Tidak”

Seringkali wanita karir mengalami kesusahan untuk berkata “tidak” pada beberapa situasi. Sebelum mengatakan “ya” pada segala situasi, kamu harus bisa memvisualisasikan diri apabila kamu meng-iya-kan situasi tersebut. Apakah kamu merasa senang atau justru terbebani?

Oleh karena itu, wanita karir profesional perlu untuk memhami segala situasi dan kondisi sebelum memutuskan hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat dimulai dengan cara bersikap kritis terhadap hal di sekitarmu.

5. Jangan Takut untuk Mengekspresikan Opinimu

Kamu perlu untuk mengungkapkan apa yang ada di pikiranmu melalui komunikasi dan penyampaian opini yang baik. Apabila opinimu diterima oleh banyak orang dan berpotensi memajukan perusahaan, maka tidak mustahil bagimu untuk mendapatkan jenjang karir yang kamu impikan.

Namun, sebagai wanita karir yang profesional, kamu juga harus bisa menerima penolakan atas opini yang kamu sampaikan. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Kamu bisa menjadi wanita karir yang sukses dan profesional di bidang yang kamu minati apabila kamu mau bekerja keras dengan maksimal. Akan tetapi, kamu tetap harus memperhatikan beberapa tips di atas agar hidupmu tetap bahagia, ya!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*